Home Top Ad

Responsive Ads Here

Jika berbicara mengenai rayap, tentu anda sudah sangat sering mendengar bagaimana bahayanya hewan kecil pengganggu yang satu ini. Rayap hidu...

Aksi Cegah Rayap & Pemilihan Kayu Terbaik Agar Rayap Tidak Hinggap

Jika berbicara mengenai rayap, tentu anda sudah sangat sering mendengar bagaimana bahayanya hewan kecil pengganggu yang satu ini. Rayap hidup dibtempat yang kotor dan lembab. Ia merupakan hewan pemakan selulosa yang biasanya terkandung dalam bahan berkayu dan ada juga yang terkandung dalam tanah. Rayap hidup mengkonsumsi selulosa dalam waktu 24 jam nonstop. Ia menyerang bersama kelompok koloninya yang jumlahnya tentu tidak sedikit. Jika rayap sudah bersarang, artinya ia akan lebih banyak menciptakan koloni dari hasil perkembang biakannya.

Dari penjelasan di atas, tentu anda sudah bisa bayangkan bagaimana bahayanya jika rayap sudah menyerang bukan? Karena alasan tersebut, rayap sangat tidak bisa diabaikan. Anda harus melakukan tindakan cepat agar rayap tidak lantas menjadi-jadi saat melakukan serangan pada bangunan rumah anda. Salah satu caranya, anda bisa memanggil jasa anti rayap Gresik yang sudah cukup tenar di kalangan masyarakat sekitar. Tidak hanya membuka cabang di Gresik, jasa ini juga telah membuka cabang di beberapa kota besar.

Lantas apakah ada jalan lain yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengatasi rayap ini? Jawabannya, tentu ada. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan sebagai langkah pencegahan maupun sebagai aksi tanggap pemberantasan rayap secara sigap. Apa saja aksi tanggal yang perlu dilakukan tersebut? Simak poin-poin penjelasan berikut ini :

1.    Penyuntikan anti rayap pada tanah

Tindakan pertama ini merupakan aksi pencegahan. Bisa anda lakukan jika memang bangunan rumah anda masih berupa tanah dan memang sama sekali belum dilakukan pembangunan. Penyuntikan obat anti rayap ini bisa anda aplikasikan pada seluruh bagian tanah yang ada di sekitar calon bangunan rumah anda.

2.    Penaburan bahan oli dan solar pada bangunan

Siapa sangka bahwa oli dan solar ternyata bisa anda gunakan sebagai senjata pencegahan rayap lo. Jika sebelum bangunan jadi anda belum sempat menyuntikkan obat rayap dalam tanah, mungkin anda bisa pakai cara kedua ini. Setelah bangunan anda jadi, jangan lakukan pengecatan terlebih dulu.

Buatlah racikan oli dan solar dengan skala hitung perbandingan 1:3. Racikan ini kemudian bisa anda balurkan menggunakan kuas ke seluruh bagian bangunan rumah. Biarkan hingga semua baluran ini benar-benar mengering. Saat sudah kering, anda bisa mulai mengecatnya. Jika memungkinkan, gunakan juga lapisan cat anti jamur. Sehingga perlindungan kayu bisa lebih aman.

3.    Pemilihan kayu yang tidak rentan rayap

Rayap memang suka dengan bahan berkayu. Namun jika kayu memiliki tekstur yang keras dan kuat, rayap akan susah melakukan serangan. Fakta ini bisa anda manfaatkan dengan baik. Saat membangun rumah, anda bisa pilih jenis kayu yang memang kuat dan keras serta tidak rentan rayap. Apa saja itu? Jenis kayu yang bisa anda pilih adalah seperti jenis kayu ebony, kayu jati, dan lain sebagainya.


4.    Gunakan racikan racun anti rayap

Aksi yang selanjutnya ini merupakan aksi pembasmian yang bisa anda lakukan jika memang sudah mulai nampak tanda adanya koloni rayap. Ada banyak jenis bahan alami yang bisa anda racik sebagai racun anti rayap. Untuk mengaplikasikannya, bisa dilakukan secara rutin berulangkali.

Nah, keempat cara di atas bisa anda pertimbangkan sebagai langkah menanggulangi serangan rayap. Baik itu dilakukan dengan cara pencegahan, maupun dilakukan dengan cara pembasmian. Semua bergantung pada kondisi anda. Sangat disarankan agar anda segera melakukan tindakan pencegahan. Meskipun belum ada tanda koloni rayap di rumah anda. Semakin cepat semakin baik.

0 comentários: