Home Top Ad

Responsive Ads Here

Meminjam uang melalui aplikasi online, menjadi pilihan masyarakat modern karena lebih efektif dan efisien. Pinjaman online menjadi kemaju...

7 Hal yang Harus diperhatikan dalam Pinjaman Online


Meminjam uang melalui aplikasi online, menjadi pilihan masyarakat modern karena lebih efektif dan efisien. Pinjaman online menjadi kemajuan teknologi terbaik, di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Hanya bermodal ktp saja uang sudah bisa cair, tanpa ktp, kk, nomor pasport, dan lain sebagainya. Tapi apakah penyedia yang semacam itu patut dicurigai?

Sepertinya memang agak tidak masuk akal, bagaimana bisa meminjam uang tanpa jaminan dan cepat cair? Berbagai macam kontroversi mengenai hal ini tidak henti-hentinya bermunculan, kamu juga mungkin mengalami gelisah yang sama tentang pinjaman online ini. tidak perlu khawatir, karena masih banyak penyedia yang profesional dan aman yang bisa kamu andalkan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Online


Banyak hal yang perlu kamu perhatikan, sebelum mengajukan bantuan dana ke aplikasi finansial online. Mulai dari pemahaman, persyaratan, hingga tata caranya, karena semua itu menjadi jaminan keamanan bagi uang dan identitas kamu. Penyedia jasa bantuan dana online yang resmi seperti Tunaiku misalnya, sudah pasti memiliki standar keamanan yang dapat menjamin. Berikut beberapa tips melakukan pinjaman online aman yang dirangkum dari tunaiku.com:

1.    Perhitungkan Bunga

Sebelum kamu mengajukan untuk meminjam dana di situs online, pastikan perhtungan bunganya benar dan transparan. Keunggulan aplikasi pinjam uang online ini, adalah kamu bisa memilih jangka waktu harian dan tidak harus bulanan. Ada dua cara untuk mengitung bunga, yaitu bunga flat dan compounding.

2.    Paham Data yang Diambil

Kamu harus paham, bahwa semua data yang ada di ponsel akan dikuasai oleh pemberi dana pinjam. Karena hal itu menjadi jaminan bagi mereka, serta menjadi alasan mengapa uang dapat cair hanya dalam waktu 5 menit di beberapa aplikasi. Jadi jangan heran ketika pihak aplikasi menagih cicilan ke keluarga, karena semua data phone book sudah mereka sadap.

3.    Paham Resiko

Salah satu resiko saat kamu telat bayar cicilan, adalah identitas kamu akan dilaporkan ke kredit biro. Artinya jika kamu akan mengajukan pinjaman di lembaga keuangan lain, kamu akan mendapat penolakan karena memiliki catatan buruk. Kredit biro adalah pihak ketiga, yang mencatat data pinjaman seseorang.

4.    Waspada Aplikasi Ilegal

Semakin banyak aplikasi menawarkan pinjam dana cepat cair, yang pastinya menjadi kebutuhan banyak orang. Tapi kamu harus pintar memilih aplikasi, jangan memilih yang abal-abal dan tidak terdaftar di OJK. Karena kemungkinan besar akan beresiko buruk, kamu pasti tidak ingin hal ini terjadi bukan?

5.    Paham OJK

Saat memilih aplikasi penyedia dana pinjaman online, kamu harus memastikan disana ada logo OJK. Otoritas Jasa Keuangan atau disingkat OJK, adalah lembaga pengatur aktivitas keuangan di seluruh Indonesia. Jadi jika aplikasinya sudah resmi bersertifikat OJK, kamu tidak perlu khawatir lagi akan keamanannya.

6.    Paham Jenis-Jenis Pinjaman

Ada beberapa jenis pinjam dana di aplikasi online yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu pinjaman untuk pendidikan, pinjaman dengan tenor harian, pinjaman dengan cicilan, serta pinjaman ke toko online. Semuanya bertujuan membantu keuangan kamu, terutama bagi yang ingin melanjutkan pendidikan.

Dengan adanya pinjaman online ini, semua masalah keuangan mendadak dapat kamu atasi. Tapi perlu diingat, yang paling penting kamu dapat membayar cicilan dan bunga, agar tidak memiliki catatan buruk di kredit biro. Jangan berpikir untuk meminjam uang online, jika belum tahu bagaimana cara untuk melunasinya. Hal itu menjadi permasalahan umum, yang dialami kebanyakan orang.



0 comentários: