Home Top Ad

Responsive Ads Here

  Seringkali diabaikan nyatanya alergi susu sapi ini sangatlah berbahaya lantaran anak tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisiny...

Susu Alternatif Bagi Anak yang Alergi Susu Sapi, Bunda Wajib Tahu!





Seringkali diabaikan nyatanya alergi susu sapi ini sangatlah berbahaya lantaran anak tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya secara lengkap padahal pada usia ini, anak sedang pesat perkembangannya. 

Berdasarkan referensi Cek Alergi, alergi susu sapi pada dasarnya merupakan suatu tipe alergi dimana sistem imun anak memberikan respon negatif terhadap protein susu sapi yang masuk ke tubuhnya. Akibatnya muncul reaksi yang biasa disebut gejala alergi.

Apa bedanya alergi susu sapi dengan intoleransi laktosa? Apakah sama?

Kebanyakan orang menganggap antara alergi susu sapi dengan intoleransi laktosa sama meski diketahui antara keduanya sangatlah berbeda. Memang dari segi gejala hampir mirip namun dari segi penyebab sangatlah berbeda. 

Menurut pakar medis, alergi susu sapi biasa terjadi pada bayi dan kebanyakan disebabkan karena tubuh yang bereaksi abnormal terhadap protein susu sapi yang masuk ke tubuh. Sedangkan intoleransi laktosa bisa terjadi kapan saja dan seringkali membutuhkan waktu yang lama untuk bisa berkembang. Intoleransi laktosa ini juga biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik dan bisa juga karena adanya kerusakan pada usus kecil akibat infeksi virus atau bakteri.

Tanda-tanda anak terkena intoleransi laktosa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gejala intoleransi laktosa memiliki kemiripan dengan alergi susu sapi. Berikut ini gejala yang ditimbulkan yang biasanya dialami oleh orang yang intoleransi laktosa.
  • ·         Munculnya sakit perut
  • ·         Perut terasa kembung disertai dengan mual dan diare
Gejala seperti di atas bisa dirasakan penderita dalam jangka waktu 30 menit hingga dua jam setelah selesai mengonsumsi susu atau makanan yang terkandung di dalamnya protein susu. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa gejala intoleransi laktosa ini dinilai lebih ringan daripada gejala alergi susu sapi.

Susu yang aman dikonsumsi tanpa takut menyebabkan alergi

Dikarenakan orang yang alergi susu sapi atau intoleransi laktosa tidak bisa mengonsumsi susu sapi dalam bentuk apapun namun, bukan berarti tidak bisa mendapatkan manfaat sejenis dari produk susu lain. Berikut ini beberapa jenis susu yang aman dikonsumsi tanpa membuat Anda terkena alergi.

Susu kedelai

Susu kedelai menjadi jenis susu favorit pengganti susu sapi. Terbuat dari saripati kedelai membuat susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan susu sapi. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, susu kedelai juga bisa dicampur dengan kopi, cokelat panas, teh, aneka kue dan lain sebagainya.

Susu gandum

Susu gandum atau oat ini terbuat dari saripati gandum yang dicampur minyak dan garam. Susu jenis ini mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, susu gandum juga sangat baik untuk Anda yang menderita kolestrol tinggi.

Susu beras

Memang belum sefamiliar jenis susu lainnya, namun susu beras bisa menjadi alternatif bagi penderita alergi susu sapi dan intoleransi laktosa. Dalam segelas susu beras mengandung setidaknya 140 kalori, 3 gram lemak, 33 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Maka dari itu, susu beras ini sangatlah baik untuk dikonsumsi baik secara langsung atau sebagai bahan campuran makanan lain. 

Itulah beberapa jenis susu yang bisa menjadi alternatif tanpa takut menyebabkan alergi. Selain jenis susu di atas, bagi anak yang menderita alergi susu sapi atau intoleransi laktosa bisa mengonsumsi Morinaga Chil Kid Soya atau Chil Scholl Soya yang memiliki kandungan nutrisi tak beda jauh dengan susu sapi. 

Anak menjadi rentan terkena berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang lemah sehingga memerlukan nutrisi tambahan dan produk Morinaga soya ini sangatlah tepat lantaran mampu membentuk pertahanan tubuh ganda sehingga anak pun terhindar dari segala penyakit.
ndar dari segala penyakit.

0 comentários: